6 teknik penulisan konten

6 Tehnik Penulisan Konten Yang Harus Anda Fahami

Artikel ini berkaitan dengan tehnik UNIQUE MESSAGE dari Formula USP (unique message, strong visual, push to action).

BAGAIMANA CARA MENULIS SEBUAH KONTEN IKLAN
YANG MENARIK DAN DAPAT MELEKAT DALAM BENAK CALON KONSUMEN KITA.

Anda bisa mengambil pelajaran dari buku yang ditulis oleh Chip & Dan Heath yang berjudul MADE TO STICK.
Mereka melakukan lebih dari 40 eksperimen dengan lebih dari 1.700 peserta dan akhirnya menyimpulkan 6 prinsip yang dapat membuat sebuah pesan atau gagasan bisa melekat kuat dalam benak seseorang.
Mereka merangkainya dalam sebuah akronim SUCCESs
1.Simple/Sederhana
Pesan yang Anda buat haruslah sederhana dan janga sampai membuat kening pembaca berkerut. Pesan yang terlalu njelimet akan membuatnya susah untuk diingat.
2.Unexpected/Tak terduga
Sebuah pernyataan yang tak terduga atau bahkan kontroversial akan lebih mudah diingat daripada yang terlalu mainstream.
3.Concrete/Kongkrit
Kongkrit artinya dapat dibayangkan. Saat Anda memaparkan manfaat produk Anda, pastikan se “nyata” mungkin sehingga konsumen Anda seakan-akan sampai mampu melihat, mendengar, dan merasakannya sendiri.
4.Credible/Terpercaya
Apa buktinya bahwa janji Anda dapat dipercaya.?
Testimoni, garansi, dan endorsement dari pakar mungkin dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen Anda.
5.Emotional/Emosional
Gunakan pula kata-kata yang membangkitkan emosi, SEPERTI : Bahagia,Senang,Gembira,Penasaran dsb. Kata-kata ini akan membangkitkan emosi dari konsumen Anda dan memudahkan mereka membeli dari Anda.
6.Stories/Cerita
Orang-orang menyukai cerita. Apa cerita dari produk Anda atau dari diri Anda yang membuat orang suka, yakin, dan mau membeli produk Anda?
Tentu saja, Anda tidak perlu merangkai keenamnya. Cukup gunakan dua atau tiga saja unsur diatas dalam menulis konten penawaran dalam iklan Anda.
Joe Vitale, seorang pemasar legendaris di dunia maya mengatakan, Sebuah pesan yang menghipnotis memiliki kerangka sebagai berikut :
JANJI – Tarik perhatian dan minat dengan menyatakan masalah dan solusinya.
BUKTI – Berikan buktinya (testimoni,garansi,referensi,kutipan pakar,statistik,apapun yang meyakinkan pembaca pada janji Anda).
HARGA – Ajak pembaca untuk bertindak, beri alasan yang jelas mengapa mereka harus bertindak sekarang (bukan besok)
Itulah “6 Tehnik penulisan UNIQUE MESSAGE” yang mampu membangkitkan response yang menarik audience terhadap iklan yang kita buat.
Silahkan anda praktekkan, Karena sehebat apa ilmu yang anda dapatkan dalam sebuah pembelajaran jika tidak dipraktekkan,tidak akan menghasilkan apa-apa.
Jangan lupa klik tombol share dibawah untuk membagikan informasi ini kepada teman-teman lainnya agar mereka mendapatkan manfaat dari anda.

No comments:

Post a Comment

Selamat Datang Di Jagoan Bisnis

Assalamu'alaikum WrWb Apakabar pembaca yang budiman Semoga anda semua dalam lindungan Allah dan sukses selalu.. Terimakasih sudah b...